Senin, 29 Agustus 2016

BELAJAR MASAK


Hai, nama gw devi. Its my blog...dsini gw mau share soal kelemahan gw..jujur gw ga bisa masak. Kerjaan gw dari mulai sekolah itu tiap hari cuma belajar dan ekskul...SMP dan SMA ya. Kalo pas gw kuliah itu tiap hari ngampus, organisasi dan ngajar.

Gw selalu nanya sama nyokap, soal memasak, tapi nyokap selalu bilang..udah kamu belajar aja, hari ini ada ngajar ga...selalu begitu. Tapi soal tanggung jawab lain, nyokap selalu bagi itu buat gw, kayak misalkan bersih2 rumah dan cuci baju plus nyetrika. Gw pernah ngKos..tapi di kos-an gw, ga ada spot buat masak kecuali rice cooker aja. Untuk urusan bikin kue, wah..jangan ditanya, gw selalu penasaran dan  dirumah gw dikenal sebagai anak tepung..jadi tiap kali gw libur, kerjaan gw yaaa..bikin kue..serba tepung. Jd gw dipanggil anak tepung..heheheheh...

Selama gw penempatan, berasa banget, suka disindir..udah gede tapi ga bisa masak..sampe gw telp nyokap dan nyokap bilang...emang mama ga pernah ngasih ijin kamu koq..ntr pas dirumah..kamu boleh utak atik dapur sech..sepuasnya. Jujur tiap ada nyokap drumah..gw ga boleh nyentuh dapur..katanya dapur berantakan...yaaaa..walaupun pada akhirnya gw bersihin juga..hahahaha...gw yang super bawel aja di kampus dll soal kerapihan dan kebersihan..ternyata di mata yokap gw aja..gw masih kurang alias berantakan.

Berhubung gw masih belajar..dan  gw share ini buat loe semua yang sama sama belajar...kayak gw, Soal memasak. Hari ini gw mau share soal bikin Pizza kukus sederhana. Waktu di Fakfak sech..gw gagal...shock banget..padahal biasa sukses. Disana gw pake oven..bukan di kukus, tapi sama aja sech bahannya..Cuma beda yang hari ini di kukus, kalo mau di masukin oven..juga bisa. Pas disana yang gw rasain...pizza nya malah berasa kayak bolu gulung, kebetulan gw pake toppingnya itu abon..bahkan abang gw, bang jack bilang...kayak bolu gulung abon manokwari..hahahaha...padahal gw belum pernah ngerasain bolu gulung abon manokwari..yang g pernah rasa itu bolu gulung abon sorong.
Nah...sekarang gw kasih tau bahan bahannya dulu ya..oh ya btw..kebanyakan patokan gw pake feeling..jd maap-maap ya..gw setiap masak ga pake timbangan atau apapun. Jadi langsng aja dimasukin aja.

Pizza Kukus
Bahan :
·         Fermipan ½ sendok teh
·         Gula 1 sendok makan
·         Tepung terigu
·         Garam terserah, gw rekomen 1 sendok teh aja
·         Minyak goreng / mentega

Cara pembuatannya :
1.       Taruh di mangkok, fermipan dan gula
2.       Terus masukin air hangat..kocok dan diemin selama 10 menit
3.       Abis itu masukin ke dalam tepung
4.       Tambahin garam
5.       Masukin mentega/minyak goreng
6.       Aduk terus adonannya di gumpalkan
7.       Diemin sampe 1 jam..terus ambil sedikit demi sedikit terus pukul pukul
Kalo loe, sebel sama orang..pas banget neh..pelampiasannya..hahaha
Oke balik lagi ke step ya..
8.       Diemin lagi 30 menit..terus sekarang saatnya di bentuk dech...jangan lupa abis dibentuk, tusuk-tusuk adonannya pake garpu..oke. biar matengnya merata.
Hari ini gw pake saos tomat, sosis dan keju
Jadi gw tata aja...topping2nya.
9.       Setelah itu kukus..sampe bener-bener pizza nya ngembang.
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar