Minggu, 16 Januari 2011

Penilaian Produk

Penilaian adalah pengambilan suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik atau buruk. Penilaian bersifat kualitatif. Sedangkan produk adalah sesuatu yang dihasilkan.

Jadi penilaian produk merupakan pengambilan suatu keputusan terhadap sesuatu yang dihasilkan oleh siswa dan mengontrol proses pembuatannya serta memanfaatkan/menggunakan bahan untuk menghasilkan sesuatu, kerja praktik atau kualitas estetik dari sesuatu yang mereka produksi.

Contohnya: kerja artistik (menggambar, melukis, kerajinan), makanan, pakaian, produk yg terbuat dari kayu, metal, plastik, keramik.

Penilaian produk akan menilai kemampuan siswa dalam:
•Bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain
•Memilih bahan-bahan yang tepat
•Menggunakan alat
•Menunjukkan inovasi dan kreasi
•Memilih bentuk dan gaya dalam karya seni

Fase dalam menghasilkan produk antara lain :
1.Persiapan: siswa dapat dinilai dalam kemampuannya membuat perencanaan, bereksplorasi, mengembangkan gagasan, dan membuat desain produk
2.Produksi: siswa dapat dinilai dalam kemampuannya memilih dan menggunakan bahan, alat, dan teknik
3.Refleksi: siswa dapat dinilai dalam hal estetika, kesempurnaan produk, fungsional, keorisinilan.

Desain Penilaian Produk antara lain :
Membuat perencanaan:
•Apakah Anda akan menilai tahap persiapan, produksi, refleksi
•Bagaimana/bagian mana relevansinya dengan kurikulum
•Bagaimana Anda secara spesifik membuat kriterianya

Membuat Pencatatan:
•Metode pencatatan apa yg akan digunakan (catatan singkat, analitik, atau holistik)
•Siapa yg akan menilai (siswa sendiri, teman sebaya, orang tua, atau guru)
•Bagaimana kriteria penilaiannya
•Bagaimana tingkat keajegannya

Pelaporan:
•Dari sudut pandang/eviden apa Anda menentukan tingkat kemampuan anak (menggunakan analitik, holistik, catatan singkat, daftar cek)
•Lebih menekankan mana: tingkat kemajuan siswa individual atau keterbandingannya dengan siswa lain di kelompoknya
•Bentuk pelaporannya dapat berupa uraian/deskripsi atau secara grafis

Penilaian produk meliputi penilaian terhadap kemampuan siswa membuat produk-produk ilmu, teknologi, dan seni.

Tiga tahapan pembuatan produk yang dapat dinilai:

Persiapan: menilai kemampuan siswa merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, dan mendesaian produk.
Pembuatan: menilai kemampuan siswa menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
Penilaian (appraisal): menilai kemampuan siswa membuat produk sesuai kegunaannya dan memenuhi kriteria keindahan.

Hasil Kerja (Produk):
Penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni.
Produk
1. Patung
2. Kerajinan Tangan
3. Model
4. Pesawat sederhana
5. Alat
6. Ternak
7. Tanaman
8. Simpul tali-temali
9. Janur
10. Hiasan buah-buahan

Penilaian Hasil Akhir dan Proses:
hasil akhir seperti:
- mainan
- pakaian
- hasil karya seni: gambar, lukisan, pahatan
- barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam
proses seperti:
- menggunakan teknik menggambar
- menggunakan peralatan dengan aman
- membakar kue dengan baik

Contoh1:
TUGAS PENILAIAN PRODUK
-------------------------------------------------------
Tugas: buatlah rancangan model benda yang menggunakan roda
Ketentuan:
- Gambar rancangan model
- Bahan untuk model tertulis dalam rancangan
- Tentukan spesifikasi bahan untuk model

Tidak ada komentar:

Posting Komentar