Minggu, 16 Januari 2011

SUDAHKAN Posisi tidur kita Baik?


Dan DIAlah yang menjadikan malam untukmu sebagai pakaian dan tidur untuk istirahat dan DIA menjadikan siang untuk bangkit berausaha. (al Furqan : 47)


Hal ini menyatakan bahwa malam adalah waktunya orang untuk tertidur, akan tetapi tidur bukanlah sekedar rutinitas saja, karena patut diketahui bahwa pola tidur yang baik dan teratur akan memberikan efek yang bagus terhadap kesehatan. Pemenuhan kebutuhan tidur sangat diperlukan terutama pada orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.


BEBERAPA POSISI TIDUR
1.  Tidur miring


Sebaiknya posisi tidur dengan miringkan badan ke arah kanan. Seperti halnya tidur telungkup, tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan Anda. Pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah. Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang.


Posisi tidur miring yang terbaik adalah “cara tidur bayi” yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh. Gunakan bantal yang sedikit keras di bawah kepala dan leher untuk mengurangi tekanan di pundak. Sisipkan bantal di antara kedua kaki agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul dan menimbulkan pegal-pegal.


2.  Tidur Telentang
Tidur telentang sangat baik bila Anda memiliki nyeri punggung. Menyisipkan bantal di bawah dengkul kaki bermanfaat untuk mengurangi beban punggung bagian bawah.


3.  Tidur tengkurap
Jangan tertidur dengan posisi tidur tengkurap karena akan menekan jantung, paru-paru dan perut. Namun, bila karena sesuatu hal Anda harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher Anda.
-7.287243 112.739048



Hal yang kurang dianjurkan saat tertidur


·         Janganlah tertidur dengan Posisi tidur yang melingkarkarena akan sering menyebabkan sakit punggung.
·         Jangan tidur dengan jendela terbuka karena dapat menyebabkan udara kotor masuk.
·         Posisi tidur telungkup membuat kita tidak bisa bernapas dengan baik dan menyebabkan insomnia kronis.
·         Jangan terlalu banyak tidur karena bisa membuat kepala pusing.

 Saat tertidur ada baiknya untuk tidak menyalakan obat pembasmi serangga dan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia karena akan menyebabkan gangguan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sebaiknya bersihkan kamar di pagi hari, dan jika ingin memakai obat pembasmi nyamuk, sebaiknya jangan masuk kamar setidaknya 2 jam sehabis disemprot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar