Minggu, 16 Januari 2011

Penilaian Hasil Belajar Psikomotor

Ada beberapa ahli yang menjelaskan cara menilai hasil belajar psikomotor. Ryan (1980) menjelaskan bahwa hasil belajar keterampilan dapat diukur melalui

(1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung,

(2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap,

(3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.


Sementara itu Leighbody (1968) berpendapat bahwa penilaian hasil belajar psikomotor mencakup:
(1) kemampuan menggunakan alat dan sikap kerja,
(2) kemampuan menganalisis suatu pekerjaan dan menyusun urut-urutan pengerjaan,
(3) kecepatan mengerjakan tugas,
(4) kemampuan membaca gambar dan atau simbol,
(5) keserasian bentuk dengan yang diharapkan dan atau ukuran yang telah ditentukan.

Contoh Penilaian Psikomotorik (60 menit)


No
Nama Siswa
Setting Monitor Screen Saver dan Background
Regional Setting
Jumlah Skor
Nilai


Rambu-rambu penilaian psikomotorik:
•Rentang nilai 0 – 100
•Kecepatan dn kecermatan dipertimbangkan dalam memberi skor

•Nilai akhir = Jumlah Skor dibagi 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar